Bab 1 Pengantar Teori Games
Definisi Game
Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan
yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang
dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem
penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan
yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada
piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”,
kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti
tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan
video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya
game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya
penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih
untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat
berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan
cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah
kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas
yang sedang kita lakukan.
Manfaat Game Theory - Teori permainan (Game
Theory) merupakan teori yang menggunakan pendekatan matematis dalam merumuskan
situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan.
Manfaat tersebut tidak lepas dari orang yang terlibat serta
yang pertama kali mengemukakan game theory, yaitu seorang ahli matematika
Perancis Emile Borel (1921). Kemudian dikembangkan oleh John V,N
dan Oscar Mogenstern lebih lanjut sebagai alat untuk merumuskan perilaku
ekonomi yang bersaing.Model –model Teori permainan diklasifikasikan dengan
sejumlah cara, seperti jumlah pemain, jumlah keuntungan dan kerugian dan jumlah
strategi yang digunaka dalam permainan.
Berikut
Manfaat dari Game Theory:
- Mengembangkan suatu kerangka untuk pengambilan keputusan dalam suatu persaingan
- Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi yang tradisional dalam pencapaian tujuan
- Memberi gambaran dan penjelasan penomena situasi persaingan / konflik.
- Membuat strategi negosiasi, ataupun strategi dalam persaingan bisnis yang diwarnai oleh terjadinya konflik.
- Roll-your-own game engine
- Mostly-ready game engines
- Point-and-click engines
Game
engine
adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk
pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan
kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari
sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem
networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah
game.
Ada
banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video
dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin
render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan
tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan,
streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik.
Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan
kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Game
engine mempunyai tipe-tipe diantaranya:
Game
engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis.
selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel
dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game
engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang
dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya
Game
engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game
seperti GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain.
Engine ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan
game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar
tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang
menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut
untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini
adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah
sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat
menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
Engine
ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user
friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan
engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit
memanfaatkan coding, sudah bisa merilis game.
Kekurangannya terletak pada
terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup
semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine
jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi,
game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game
engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman
dan merilis game-game mereka secepatnya
Teori permainan memiliki
beberapa konsep penting seperti keterwakilan bentuk permainan (representation
of games) yang terdiri dari kategori bentuk normal (normal form) dan
bentuk perluasan (extensive form). Begitu pula bentuk permainan (types
of games) dapat terdiri dari bentuk atau keadaan berikut:
a. Hubungan Simetrik (seimbang) dan asimetrik (tidak seimbang).
b. Zero sum
game (sama-sama merugi, saling hancur, semuanya mati dan kalah) dan non zero
sum game (win-win solution, sama-sama menang, sama-sama tidak kehilangan muka).
Dengan turunannnya ada istilah bad loser-bad winner (pecundang dan pemenang
yang buruk) dan good loser-good winner (pecundang dan pemenang yang baik).
c. Permainan dan berlanjut terus (simultaneous) dan kasuistik sesaat
(sequential).
Sumber :
https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/pengertian-game/
http://groupkawasan.blogspot.co.id/2015/09/teori-permainan-game-theory.html
Sumber :
https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/pengertian-game/
http://groupkawasan.blogspot.co.id/2015/09/teori-permainan-game-theory.html
Komentar
Posting Komentar