Penulisan Bab 4 Pengambilan keputusan
Contoh Games Pengambilan Keputusan.
Contoh
Games Pohon Keputusan
-
Games Akinator
sebuah permainan dalam jaringan yang menampilakan sesosok
jin yang mampu menembak isi pikiran dari para pemainnya. Para pemain akan
diberikan kesempatan untuk memikirkan seorang tokoh (bisa fiksi atau nyata)
lalu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan petunjuk dari Akinator. Di
akhir permainan, Akinator akan menebak siapakah yang pemain pikirkan. Umumnya,
para pemain akan segera kaget karena Akinator mampu menebak isi pikiran pemain
dengan tepat.
Pada bagian ini kita akan melihat bagaimana pohon
keputusan bisa membuat akinator menciptakan tebakan-tebakan akurat yang
menakjubkan. Dalam hal ini, kita akan mencontohkan bahwa Akinator memiliki
database yang mengandung nama-nama tokoh beserta dengan ciri-ciri mereka.
Ciri-ciri inilah yang akan menjadi simpul-simpul di pohon keputusan sehingga
dengan membandingkan ciri-ciri tokoh yang diinginkan oleh pemain dengan
ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang tokoh di dalam database akan menghasilkan
keputusan berupa tebakan siapa tokoh yang dipikirkan oleh pemain. Kita mencoba
mensimulasikan bagaimana prinsip kerja akinator ini dengan menggunakan data
sederhana. Akan ada 8 tokoh yang ingin kita tebak. Pohon yang digunakan adalah
pohon keputusan biner karena di Akinator, persoalan dasar pada setiap
pertanyaan petunjuk adalah persoalan “ya” atau “tidak”.
-
Games League of Legends
menuntut pemainnya memiliki respon yang cepat, dengan
kata lain setiap pemain dituntut untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat
dan cermat karena kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat merugikan tim
sendiri serta disaat yang bersamaan memberikan keuntungan bagi tim lawan.
Terlebih pada pemain dengan role jungler mereka harus mempertimbangkan banyak
hal, karena peran mereka bukan hanya fokus pada musuh yang ada di bagian area
permainan yang sama dengannya tetapi juga harus memberikan bantuan bagi rekan
satu timnya yang berada tersebar di seluruh area permainan. Menyerang lawan,
membeli item, menunggu di area jungle, meningkatkan level champion,
menghancurkan monster di jungle merupakan beberapa pilihan aksi yang dapat
diambil oleh seorang jungler dan pohon keputusan yang terlampir akan
menunjukkan semua pertimbangan dan keputusan yang dapat diambil oleh seorang
jungler dan membuat timnya tetap pada jalur untuk memperoleh kemenangan.
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2013-2014/Makalah2013/MakalahIF2120-2013-088.pdf
Contoh Games State Machine
-
Game edukasi
salah satu contoh
dari media pembelajaran melalui game. Game edukasi menerapkan sistem
pembelajaran langsung dengan pola learning by doing. Proses pembelajaran yang
dilakukan dapat melalui tantangan – tantangan dan pertanyaan-pertanyaan
edukatif yang ada dalam permainan game. Dari pola yang diterapkan game edukasi,
pemain akan dituntut melakukan proses pembelajaran secara mandiri. Dalam
penyajiannya, game edukasi dapat menerapkan jenis game RPG (Role Playing Game)
yang akan membimbing pemain secara aktif menggali informasi untuk memperkaya
pengetahuan saat bermain (Nurul, 2011).
-
Games Tukarmatika
Metode FSM digunakan untuk membuat rancangan skenario
state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi) pada game Tukkarmatika yang
akan dibangun. Keadaan ketika tampil dan jawab pertanyaa. Metode FSM juga
diimplementasikan pada karakter Andi ketika menolong burung yang sedang
terjebak pada ranting ataupun akar pohon hingga tampil pertanyaan. Berikut ini
adalah alur keadaan yang akan terjadi
Contoh Games Fuzzy Logic
-
flappy bird, game ini meminta pemain untuk
membantu seekor burung melewati tiang-tiang dengan berbagai ukuran. Burung
tersebut harus dibantu terbang dengan cara mengetuk-ngetukkan jari sesuai
dengan kebutuhan si burung untuk terbang. Jika menabrak, burung akan langsung
jatuh dan permainan berakhir.
-
Game simulasi memancing
merupakan sebuah
permainan yang menirukan kegiatan memancing. Game simulasi memancing terlihat
menarik apabila game tersebut benar-benar mempresentasikan kejadian nyata
secara detail. Untuk memenuhi hal tersebut, game memancing dapat disisipkan
hal-hal yang berkaitan dengan habitat dan perilaku ikan yang ada didunia nyata.
Perilaku ikan berupa waktu makan ikan dan kedalaman air
Contoh
Games Sistem Markov
-
permainan Ular Tangga
Untuk
menganalisis permainan ini tentu kita dapat melakukan penyederhanaan, misalnya
menghilangkan dua aturan terakhir di atas sehingga kita cukup menggunakan
SATU pemain dalam percobaan. Dalam permainan lebih dari satu orang tentu dua
aturan terakhir berpengaruh pada rata-rata lama permainan.
-
Games Monopoly
Monopoly
termasuk dalam proses stokastik.Salah satu bentuk khusus dari proses stokastik
dalam rantai markov.permainan monopoli dalam bentuk matriks transisi
probabilitas.
Contoh games Rule Based
System
-
Game Kartu Capsa
Capsa adalah jenis game kartu remi yang biasanya
dimainkan oleh empat orang. Capsa diambil dari bahasa Tionghoa yang artinya 13.
Capsa ini juga dikenal dengan nama Big Two dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu
capsa susun dan capsa banting.
-
Games Fuzzy Logic
Fuzzy logic
pertama kali ditemukan oleh Prof. Lotfi Asker Zadeh pada seminar di University
of California, Berkeley, Amerika Serikat. Fuzzy logic ini dibuat dengan alsan
bahwa adanya ketidakpastian yang dimana anggotanya tidak hanya dapat dipisahkan
kedalam anggota(1) atau bukan anggota(0).
Komentar
Posting Komentar