Penulisan Bab 4 Pengambilan keputusan

Contoh Games Pengambilan Keputusan.

Contoh Games Pohon Keputusan
-          Games Akinator
sebuah permainan dalam jaringan yang menampilakan sesosok jin yang mampu menembak isi pikiran dari para pemainnya. Para pemain akan diberikan kesempatan untuk memikirkan seorang tokoh (bisa fiksi atau nyata) lalu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan petunjuk dari Akinator. Di akhir permainan, Akinator akan menebak siapakah yang pemain pikirkan. Umumnya, para pemain akan segera kaget karena Akinator mampu menebak isi pikiran pemain dengan tepat.
Pada bagian ini kita akan melihat bagaimana pohon keputusan bisa membuat akinator menciptakan tebakan-tebakan akurat yang menakjubkan. Dalam hal ini, kita akan mencontohkan bahwa Akinator memiliki database yang mengandung nama-nama tokoh beserta dengan ciri-ciri mereka. Ciri-ciri inilah yang akan menjadi simpul-simpul di pohon keputusan sehingga dengan membandingkan ciri-ciri tokoh yang diinginkan oleh pemain dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang tokoh di dalam database akan menghasilkan keputusan berupa tebakan siapa tokoh yang dipikirkan oleh pemain. Kita mencoba mensimulasikan bagaimana prinsip kerja akinator ini dengan menggunakan data sederhana. Akan ada 8 tokoh yang ingin kita tebak. Pohon yang digunakan adalah pohon keputusan biner karena di Akinator, persoalan dasar pada setiap pertanyaan petunjuk adalah persoalan “ya” atau “tidak”.
-          Games  League of Legends
menuntut pemainnya memiliki respon yang cepat, dengan kata lain setiap pemain dituntut untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat dan cermat karena kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat merugikan tim sendiri serta disaat yang bersamaan memberikan keuntungan bagi tim lawan. Terlebih pada pemain dengan role jungler mereka harus mempertimbangkan banyak hal, karena peran mereka bukan hanya fokus pada musuh yang ada di bagian area permainan yang sama dengannya tetapi juga harus memberikan bantuan bagi rekan satu timnya yang berada tersebar di seluruh area permainan. Menyerang lawan, membeli item, menunggu di area jungle, meningkatkan level champion, menghancurkan monster di jungle merupakan beberapa pilihan aksi yang dapat diambil oleh seorang jungler dan pohon keputusan yang terlampir akan menunjukkan semua pertimbangan dan keputusan yang dapat diambil oleh seorang jungler dan membuat timnya tetap pada jalur untuk memperoleh kemenangan.
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2013-2014/Makalah2013/MakalahIF2120-2013-088.pdf

Contoh Games State Machine
-          Game edukasi
 salah satu contoh dari media pembelajaran melalui game. Game edukasi menerapkan sistem pembelajaran langsung dengan pola learning by doing. Proses pembelajaran yang dilakukan dapat melalui tantangan – tantangan dan pertanyaan-pertanyaan edukatif yang ada dalam permainan game. Dari pola yang diterapkan game edukasi, pemain akan dituntut melakukan proses pembelajaran secara mandiri. Dalam penyajiannya, game edukasi dapat menerapkan jenis game RPG (Role Playing Game) yang akan membimbing pemain secara aktif menggali informasi untuk memperkaya pengetahuan saat bermain (Nurul, 2011).

-        
             Games Tukarmatika
Metode FSM digunakan untuk membuat rancangan skenario state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi) pada game Tukkarmatika yang akan dibangun. Keadaan ketika tampil dan jawab pertanyaa. Metode FSM juga diimplementasikan pada karakter Andi ketika menolong burung yang sedang terjebak pada ranting ataupun akar pohon hingga tampil pertanyaan. Berikut ini adalah alur keadaan yang akan terjadi


Contoh Games Fuzzy Logic
-          flappy bird, game ini meminta pemain untuk membantu seekor burung melewati tiang-tiang dengan berbagai ukuran. Burung tersebut harus dibantu terbang dengan cara mengetuk-ngetukkan jari sesuai dengan kebutuhan si burung untuk terbang. Jika menabrak, burung akan langsung jatuh dan permainan berakhir.

-          Game simulasi memancing 
      merupakan sebuah permainan yang menirukan kegiatan memancing. Game simulasi memancing terlihat menarik apabila game tersebut benar-benar mempresentasikan kejadian nyata secara detail. Untuk memenuhi hal tersebut, game memancing dapat disisipkan hal-hal yang berkaitan dengan habitat dan perilaku ikan yang ada didunia nyata. Perilaku ikan berupa waktu makan ikan dan kedalaman air

Contoh Games Sistem Markov
-           permainan Ular Tangga
Untuk menganalisis permainan ini tentu kita dapat melakukan penyederhanaan, misalnya menghilangkan dua aturan terakhir di atas sehingga kita cukup menggunakan SATU pemain dalam percobaan. Dalam permainan lebih dari satu orang tentu dua aturan terakhir berpengaruh pada rata-rata lama permainan.
-          Games Monopoly
Monopoly termasuk dalam proses stokastik.Salah satu bentuk khusus dari proses stokastik dalam rantai markov.permainan monopoli dalam bentuk matriks transisi probabilitas.

Contoh games Rule Based System
-          Game Kartu Capsa
Capsa adalah jenis game kartu remi yang biasanya dimainkan oleh empat orang. Capsa diambil dari bahasa Tionghoa yang artinya 13. Capsa ini juga dikenal dengan nama Big Two dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu capsa susun dan capsa banting.
-         
     Games Fuzzy Logic
 Fuzzy logic pertama kali ditemukan oleh Prof. Lotfi Asker Zadeh pada seminar di University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Fuzzy logic ini dibuat dengan alsan bahwa adanya ketidakpastian yang dimana anggotanya tidak hanya dapat dipisahkan kedalam anggota(1) atau bukan anggota(0).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 2 Dan 3 TEORI STATIC DAN DINAMIC

PENULISAN BAB2 DAN 3